Jepitcom

secangkir kopi


Bagi Anda penikmat kopi sejati belum lengkap rasanya pengalaman menikmati cita rasa kopi lokal jika belum mencoba kopi lelet. Kopi khas Rembang, Jawa Tengah ini memiliki cita rasa yang kuat. Selain itu bagi perokok adonan kopi lelet yang cukup kental biasa digunakan untuk menambah cita rasa rokok dengan cara mengoleskan ampas kopi ke rokok yang hendak di hisap.

Dari sejumlah warung kopi lelet di kota Rembang, Jawa Tengah, warung yang cukup dikenal adalah warung milik pak Jono di Jalan Cokroaminoto. Kopi yang digunakan dalam kopi lelet bukan produk kopi kemasan dari pabrik melainkan kopi olahan sendiri yang ditumbuk halus melalui beberapa kali penyaringan.

Cara penyajian kopi lelet juga berbeda dengan membuat minuman kopi pada umumnya. Pertama kopi dan gula dimasukan dalam panci lalu dituangkan air panas kedalamnya. Adonan ini masih harus kembali dimasak setelah benar - benar mendidih baru kopi disajikan.
Satu gelas kopi lelet harganya cukup murah 2000 rupiah saja. Selain rasanya yang mantap penggemar kopi ini biasanya juga memanfaatkan kopi lelet untuk menambah cita rasa rokok. Caranya ampas kopi yang kental dioleskan pada batang rokok yang akan dihisap dengan hati - hati baru kemudian rokok disulut dan dihisap. Tak jarang para penggemar kopi yang juga perokok berupaya membentuk pola menarik, saat mengoleskan ampas dari rokok, seperti kreasi lukisan batik atau ukir - ukiran.

Sahrul Mujib Tbn

Terima Kasih atas kunjungan Anda, semoga apa yang ada dalam blog ini bermanfaat bagi saya khususnya, dan bagi Anda semua umumnya. Saya tunggu saran dan kritikan dari Anda semua, terima kasih dan jangan ragu untuk berkunjung lagi.